Wednesday, July 05, 2006

Teman yg Menyebalkan itu Guru

Aku barus saja membaca email dari ayahku.. Di email tersebut ada sebuah artikel yang menggambarkan seberapa pentingnya orang yang menyebalkan itu...

Mungkin kini kita beranggapan bahwa ada beberapa orang teman kita yang begitu menyebalkan.. Dan kita tidak sadar seberapa menyebalkannya kita pada teman-teman kita yang lain.. Makanya sebelum pakai kacamata, bersihkan dulu kacamatanya, supaya orang lain yang kita lihat tidak kotor.. Mengapa org menyebalkan itu bisa menjadi guru??? Karena:
1. Teman yang menjengkelkan itu mengajari kita dgn menunjukkan betapa menjengkelkannya mereka.
Aku bersyukur pernah bertemu dengan teman yang suka mengambil pulpen saya tanpa izin.. Sehingga aku selalu kehilangan pulpen dan dimarahin ortu karena gak punya pulpen.. Karena itu aku sadar kalo mau minjam harus izin dulu.. Ntar anakku jg aku ajarkan seperti itu... (Insya Allah)

2. Teman yg menjengkelkan dpt menjad sparring partner dalam melatih kesabaran.
Dulu waktu kecil aku sering diejekin Ateng, gendut-pendek, sering disuruh-suruh dll. Sekarang banyak orang yang melihatku aneh. Termasuk anak-anak TPA.. Mereka bertanya"Kok kakak gak pernah marah?". padahl sifat asliku adalah pemarah. Sekarang diejekin Papa, papi, abah dll aku dah kebal.. Walau masih ada rasa kesal.

3. Teman yg Menjengkelkan mengajarkan kita tuk jadi pemimpin jempolan
Terkadang aku suka mengeluh dengan kedisiplinan yang diterapkan waktu di asrama Mosa dahulu.. Kalo keluar asrama harus izin, sholat berjamaah di masjid dll.. Tapi aku sadar karena itu lah aku merasa semankin disiplin... Aku sadar fadhilah orang yg sholat berjamaah di masjid.. padahal aku sering bergosip di belakan ttg kepala asrama di belakang... Padahal mereka sudah tua...

4. Teman yg Menjengkelkan mengajarkan kita tuk jadi lebih dewasa
Yang ini sama kayak pengalaman nomor 1.. Aku jadi semakin lebih dewasa apabila menghadapi orang-orang yang suka mengejekku.. Ntah itu aku acuhkan, atau malah tambah ikram/sayang kepadanya.

5.Dendam yg positif kepada merekan membuat kita jadi hebat
Membantu teman-teman yang dulu suka mengejekku itu, terkadang menjadi rasa puas bukan kepalang.. Semakin ingin membantu dia lagi dan lagi, sampai-sampai dia tiada lagi. Besar hati ini kalo bisa membantu teman tersebut.

Terakhir yang paling penting, teman yang menyebalkan itu bisa membuat peluang kita masuk surga tambah besar. Seandainya kita berhasi menjawab caci maki dengan senyuman, batu dengan bunga, bau busuk dengan bau harum, bukankah itu merupakan tambahan pahala bagi kita??

"Teman yg menjengkelkan belun tentu berpikiran dan berhati jahat, mungiki kita sendiri yang demikian.. Renungkanlah"



No comments: